Serba-serbi

Peluang Bisnis Luas Untuk Tanaman Hidroponik

Setiap harinya, tubuh setidaknya mendapat mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup agar tetap bugar dan bertenaga. Salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral adalah buah dan sayur. Meskipun banyak masyarakat yang saat ini lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji, sayur tetap menjadi bahan makanan primadona untuk mendapat tubuh yang sehat dan segar. Bisa kita lihat di setiap tempat makan pasti menyajikan menu yang berasal dari sayuran atau buah-buahan.

Bisnis Sayur Dan Buah-Buahan

Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap sayuran dan buah masih sangat tinggi. Bukan hanya di pasar tradisional, namun di pusat perbelanjaan modern juga menyediakan berbagai jenis buah dan sayur segar. Bisnis sayuran memang akan selalu bertahan karena memang kebutuhan masyarakat terhadap sayuran semakin meningkat. Semakin menyempitnya lahan pertanian membuat para petani berinovasi untuk menanam sayuran di media yang berbeda, yaitu media air. Tanaman tersebut disebut sebagai tanaman hidroponik.

Bisnis Tanaman Hidroponik

Lahan pertanian yang semakin sempit akibat dari pertumbuhan penduduk yang sangat cepat menyebabkan petani tidak memiliki lahan luas untuk bertani. Karena keterbatasan tersebut kemudian muncul sebuah inovasi cerdas untuk bertani menggunakan media air, yang disebut tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di media tanah.

Hal tersebut terjadi karena tanaman hidroponik selalu dipasarkan dalam kondisi yang segar, bersih karena tidak menyentuh tanah dan tidak menggunakan pupuk kandang. Kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman hidroponik juga sangat tinggi karena selalu disediakan langsung oleh media tanamnya. Untuk para petani, pemeliharaan tanaman hidroponik juga terbilang lebih mudah karena tidak memerlukan pupuk dan lahan yang luas.

Hanya dengan menggunakan barang-barang bekas seperti pipa atau botol bekas, tanaman hidroponik sudah dapat ditanam. Selain itu, tanaman hidroponik juga lebih terhindar dari penyakit dan hama tanaman yang mengganggu. Untuk penjualan tanaman hidroponik sendiri juga sangat mudah, karena banyak orang yang membutuhkannya. Petani bisa menjual hasil panen tanaman hidroponik di swalayan, mall, rumah makan, atau tetangga yang memang lebih menyukai tanaman hidroponik.