Health

Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Usia anak-anak menjadi salah satu usia yang sangat rentan terkena penyakit. Daya tahan tubuh yang masih lemah membuat anak-anak tidak jarang terkena sakit seperti flu, batuk, pilek, demam, atau yang lainnya. Tidak hanya penyakit yang ringan saja, beberapa penyakit serius dan mematikan juga dapat menyerang anak-anak. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah kondisi genetika, lingkungan, makanan, dan masih banyak yang lainnya. Meskipun terdengar cukup sederhana, menjaga kesehatan anak menjadi hal yang sangat sulit. Karena dunia anak-anak yang dimiliki olehnya, maka si anak akan cenderung mencari hal yang baru dan selalu ingin mencoba. Ini memuat Anda harus pandai dalam mengawasi si anak.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara menjaga kesehatan anak, maka berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Memenuhi nutrisi tubuh

Nutrisi menjadi hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan nutrisi anak-anak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa karena masa ini adalah masa pertumbuhan sehingga butuh banyak nutrisi. Nutrisi pokok yang harus dipenuhi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu juga ada banyak nutrisi yang harus dipenuhi seperti mineral, vitamin, atau senyawa lain yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si anak.

  • Jangan halangi anak saat aktif bergerak

Memang sudah menjadi hal yang wajar jika sang anak selalu ingin tahu dengan hal baru. Aktif bergerak yang dilakukan sang anak sangat baik untuk tubuh. Aktif bergerak ini akan membuat tubuh sang anak berolahraga sehingga kesehatannya dapat terjaga. Jika Anda membiarkan sang anak terus berdiam diri di depan TV, maka ini dapat menjadikan si anak menjadi pemalas.

  • Imunisasi

Imunisasi menjadi tahap yang penting untuk memberikan perlindungan pada anak. Vaksin yang diberikan berisi bibit penyakit yang telah dilemahkan aktivitasnya. Saat masuk ke dalam tubuh, maka secara otomatis akan direspons dengan membuat antibodi. Tubuh akan mengenali virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga ketika ada virus tersebut masuk ke dalam tubuh, maka secara otomatis akan dilawan tubuh.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh sang anak.