Health Lifestyle

Kiat Menerapkan Gaya Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

mahasiswa

Mahasiswa dengan segudang kesibukannya seringkali lupa untuk menjaga kesehatan diri. Padahal, kesehatan adalah aspek yang sangat penting untuk mendukung rutinitas sehari-hari. Selain kuliah, seorang mahasiswa memiliki beragam kegiatan lain seperti berorganisasi, bersosialisasi dan hal-hal lainnya. Agar aktivitas tersebut berjalan semestinya, implementasi pola hidup sehat sangatlah penting untuk dijaga.

Terdapat beragam cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari mengatur pola makan, istirahat, olahraga, serta kebiasaan hidup sehari-hari. Berikut ini beberapa tips penting yang dapat dilakukan untuk gaya hidup sehat:

Makan teratur

Pola makan yang teratur adalah hal nomor satu untuk hidup sehat. Jangan sampai jadwal yang sibuk membuat Anda lupa makan dan akhirnya jatuh sakit. Selain makan yang teratur Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan. Pilih makan-makanan sehat dan jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Minum Air yang Cukup

Jagalah asupan air yang masuk dalam tubuh Anda. Tubuh kita memerlukan air kurang lebih 2 liter per hari. Minum air penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu air putih juga membantu untuk detoksifikasi racun dalam tubuh dan membuat Anda dapat berkonsentrasi dengan baik.

Penuhi asupan vitamin

Vitamin dapat Anda peroleh dari buah-buahan, sayuran, maupun suplemen vitamin. Vitamin sangat penting terutama untuk seorang mahasiswa yang aktif melakukan beragam kegiatan. Selain untuk mencukupi kebutuhan tubuh, vitamin dapat membantu Anda untuk menjaga daya tahan agar terhindar dari penyakit.

Sempatkan berolahraga

Olahraga penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sempatkan untuk berolahraga pada pagi maupun sore hari. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda. Jika tidak sempat, cukup dengan gerakan sederhana seperti pemanasan, push up atau gerakan lain selama beberapa menit.

Tidur berkualitas

Usahakan untuk tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuh dan otak untuk beristirahat sehingga ketika bangun Anda akan merasa segar dan siap untuk beraktivitas kembali. Demi tidur yang berkualitas, hindari SKS (sistem kebut semalam) saat belajar atau mengerjakan tugas.

Hindari Stress

Pikiran yang stress akan berdampak buruk pada kesehatan. Selain itu, stress juga dapat mengganggu kemampuan berpikir Anda. Penyebab stress pada mahasiswa umumnya adalah deadline dan tugas yang menumpuk. Hindari hal tersebut dengan mengerjakan tugas tepat waktu. Jika pikiran sedang buntu, cobalah untuk istirahat sejenak dengan hal yang Anda sukai seperti jalan-jalan atau sekedar menonton acara hiburan.

Sekian kiat-kiat hidup sehat untuk mahasiswa. Sebagai mahasiswa, menjaga kesehatan sangatlah penting agar tetap produktif dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, Anda akan senantiasa sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit.